Jumat, 21 Desember 2012

Lokomotif CC 300 - Lokomotif Buatan Indonesia


Selalin mampu membuat kapal perang sendiri kini negara kita ini perlahan lahan sudah mampu membuat lokomotif kereta api sendiri. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mebahas sedikit tentang lokomotif tersebut untuk Sobat Batik.

Lokomotif tersebut di beri nama Lokomotif cc 300. Dari berbagai sumber informasi yang kami dapat desain dan integrasi sistemnya murni hasil pemikiran engineer Indonesia diproduksi oleh PT.INKA.

Lokomotif ini termasuk Loko Diesel Hidrolik (DH), mempunyai spesifikasi panjang 19 m, lebar 2,642 m dan berat sekitar 90 ton. Kecepatan maksimalnya adalah 120 km/jam, power outputnya adalah 2500 HP dan memiliki traksi effort sebesar 270 KN untuk starting. Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar dengan transmisi dari Voith. Sistem pengereman memakai produk Wabtec, master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan, juga dilengkapi dengan genset C15 dari Caterpilar sehingga tidak memerlukan kereta pembangkit jika menarik rangkaian kereta penumpang.

Pada tanggal 18 Juli 2012, telah dilakukan uji coba (Tes Drive) dengan rute Madiun-Nganjuk. Lokomotif tersebut menarik rangkaian gerbong kereta ke-dinasan.

Berikut foto-foto lokomotif CC 300





Gimana Sobat Batik?tidak kalah keren bukan dengan lokomotif buatan luar negeri. Semoga dengan hadirnya lokomotif ini merupakan langkah awal kebang-kitan transportasi negara kita Indonesia khususnya dibidang perkeretaapian.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Large News - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger